Bau Badan? Benarkah Disebabkan Oleh Keringat Saja?

Standar

Bau Badan? Benarkah Disebabkan Oleh Keringat Saja?

Gambar

Si Ateng adik sepupu saya yang sedang puber itu akhir-akhir ini suka mengeluh tentang bau badannya yang tidak sedap, sebab hal tersebut sangat mengganggu aktifitasnya terutama ketika sedang berkumpul dengan orang-orang terdekat seperti teman, keluarga, apalagi gebetan barunya. Huft…hal ini tentu dapat menyebabkan turunnya rasa percaya diri dan hilangnya rasa nyaman saat berkumpul , Ia takut jikalau orang-orang di sekelilingnya menjauh karena mencium bau badannya yang tidak sedap itu.

Apa sih faktor-faktor penyebab bau badan tidak sedap??

Bau badan tidak sedap merupakan hal yang sangat ingin dihindari oleh setiap orang, sebab hal tersebut sering menganggu aktifitas kita. Namun banyak cara dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut dan hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Jangan cepat-cepat menuding jika bau badan tidak sedap tersebut disebabkan oleh keringat yang berlebihan saja.

Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau badan, salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan badan atau jarang mandi. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya itu saja faktor yang menyebabkan bau badan, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan bau badan diantaranya adalah pola makan yang tidak bagus karena terdapat beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya bau badan jikalau kita mengkonsumsinya, antara lain seperti bawang, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), alkohol, kafein, makanan pedas serta makanan yang berminyak.

Penyakit yang diderita seseorang juga bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Misalnya saja hepatitis, diabetes, maag dan beberapa penyakit lainnya, hal ini dikarenakan reaksi yang terjadi dalam tubuh ketika kita menderita suatu penyakit juga dapat menyebabkan bau badan. Kemudian perubahan hormon, stres emosional dan faktor genetik juga dapat menyebabkan bau badan. Selain itu, sebenarnya bau badan juga disebabkan oleh bakteri di bawah kulit yang bercampur dengan keringat.

Bagaimana bakteri tersebut menyebabkan keringat berbau tidak sedap??

Sedikit penjelasan mengenai bakteri pada kulit, Penelitian tentang bakteri kulit pernah dikembangkan oleh Julia Segre dari the National Human Genome Research Institute in Bethesda, Maryland. Sampel jenis bakteri yang dominan terdapat pada kulit manusia kebanyakan berasal dari satu genus yaitu Staphylococcus. Julia mengatakan bahwa terdapat 18 phylabacteri yang menetap di 22 jenis permukaan kulit. Bakteri yang ada di ketiak manusia berasal dari phylum yang sejenis sehingga seringkali ditemukan aroma ketiak yang serupa pada banyak manusia.

Kulit manusia memiliki dua macam kelenjar yang menghasilkan keringat. Kelenjar pertama disebut kelenjar eccrine yang tersebar di hampir seluruh permukaan tubuh dan berjumlah sekitar 1.000 – 2.000 kelenjar untuk setiap inci kulit manusia, kelenjar ini berfungsi menurunkan temperatur tubuh pada kondisi panas atau usai beraktivitas. Kemudian kelenjar yang kedua adalah kelenjar apocrine yang terutama terdapat pada daerah perakaran rambut, kelenjar apocrine terkonsentrasi pada bagian-bagian tubuh seperti ketiak, lipatan paha, daerah kemaluan, sekitar puting susu, dan pada daerah kaki. Kelenjar yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine lebih kental dan berminyak karena mengandung lemak dan protein.

Sebenarnya, keringat yang keluar melalui bagian-bagian tubuh tersebut tidaklah berbau, asalkan tidak dijahili oleh bakteri. Namun sayangnya, bakteri sangat menyukai material organik yang keluar bersamaan dengan keringat dari bagian-bagian tubuh tersebut. Bau badan muncul ketika terjadi kontak antara beberapa jenis bakteri di permukaan kulit dengan keringat yang keluar dari bagian tubuh. Bakteri tesebut kemudian menguraikan lemak dan protein dalam keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apocrine dan menghasilkan senyawa asam, senyawa asam inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh kita yang dalam kehidupan sehari-hari kita kenal dengan bau badan (BB). Sedikitnya terdapat 4 (empat) macam bakteri yang menyebabkan bau badan, keempat bakteri tersebut adalah coccus aerob, micrococus, proprioni bacteri dan dhyphteroid aerob. Bakteri-bakteri tersebutlah yang menguraikan ikatan lemak dan protein dalam keringat, dan menghasilkan senyawa asam hexanoid yang berbau.

Bagaimana mengatasi masalah bau badan??

Sebenarnya kunci utama dalam mengatasi masalah bau badan dan jauh dari bakteri penyebab bau ini adalah dengan membersihkan badan atau mandi secara teratur minimal 2x sehari. Sebaiknya hindari makanan olahan seperti minyak terhidrogenasi dan makanan olahan lainnya, lebih baik memakan makanan sehat yang mengandung banyak serat seperti sayuran berdaun hijau dan biji-bijian. Hindari dan kurangi pula makanan yang memicu keringat berlebih seperti makanan pedas dan panas serta gunakanlah pakaian berbahan katun yang dapat lebih banyak menyerap keringat sehingga tidak segera bercampur dengan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Selain itu, mengatasi masalah bau badan secara alami juga tidak ada salahnya kita coba. Cara-cara tersebut antara lain :

  1. Minum segelas air putih di pagi hari ketika perut masih kosong.
  2. Gunakan baking soda pada ketiak dan kaki untuk mengurangi keringat. 
  3. Gunakan sari cuka apel yang dimasukkan ke dalam segelas air untuk membilas ketiak saat mandi.
  4. Minum rebusan daun sirih, satu gelas setiap hari atau 2 hari sekali.
  5. Makan daun kemangi minimal satu genggam per hari.
  6. Oleskan irisan mentimun setiap habis mandi di bagian ketiak dan bagian tubuh lain yang berbau.

Dalam mengatasi masalah bau badan, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya sehingga setidaknya kita dapat dengan mudah mengatasinya ketika penyebabnya telah diketahui. Namun apabila bau badan masih setia menempel di tubuh kita, alangkah lebih baik jikalau kita segera mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Referensi :
http://forum.viva.co.id/kesehatan/330762-tips-dan-cara-menghilangkan-bau-badan-secara-alami.html

http://news.nationalgeographic.com/news/2009/05/090528-armpits-bacteria-rainforests.html 

http://id.wikipedia.org/wiki/Keringat

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1882722-keringat-dan-bau-badan/#ixzz2CesdGu4M

 

136 responses »

    • Pemakaian deodorant sebenarnya diperbolehkan juga untuk mengatasi masalah bau badan, tapi setidaknya kita harus lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan deodorant. Hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan deodorant adalah apakah bahan aktif yang dikandungnya membuat iritasi atau tidak. Bila kulit menjadi gatal dan ruam-ruam merah maka segera hentikan pemakaiannya atau jika kulit terasa perih dan lambat laun menjadi berwarna gelap kehitaman maka segera hentikan penggunaan deodorant. Selain itu untuk keamanan, pilihlah deodorant non-perfume atau tidak mengandung pewangi serta pewarna, hal ini berguna untuk meminimalisasi efek alergi juga. Namun akan lebih baik jika kita tidak bergantung pada deodorant. :)

    • Bawang putih mengandung senyawa allicin, allicin merupakan senyawa yang dilepaskan ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan, setelah kita mengonsumsi bawang putih, allicin berubah menjadi senyawa lain dalam tubuh yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat dan menghasilkan bau badan. Sedangkan bawang merah mengandung minyak pedas yang terserap ke dalam aliran darah sehingga dapat menyebabkan bau badan setelah kita mengonsumsinya. :)

  1. bakteri yang bercampur dgn keringat dpt menyebabkan bau badan,, yang ingin sya tanyakan.. apakah perbedaan jenis kelamin mempengaruhi kondisi banyaknya keringat?? apakah perbedaan warna kulit juga bisa membedakan bau badan seseorang??

    • jenis kelamin memang lebih mempengaruhi produksi keringat..nah laki-laki cenderung memiliki masalah bau badan dibandingkan perempuan. Mengapa?? Hal ini disebabkan karena adanya hormon testosterone yang mempengaruhi kerja kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat sehingga produksi keringat pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.
      sedangkan untuk perbedaan warna kulit yang kita miliki bukanlah faktor penentu bau badan seseorang. :)
      nah..untuk info lain mengenai pemicu lain dari bau badan dapat dilihat di :
      http://www.beritaterkinionline.com/2012/11/pemicu-bau-badan.html

    • Beberapa penyakit memang dapat menyebabkan bau badan yang buruk din, salah satu penyakit paling umum yang dapat menyebabkan bau badan adalah diabetes. Hal ini terutama terjadi apabila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau badan tetapi juga bau nafas yang khas.
      Selain itu bau badan yang buruk juga bisa menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Kadang-kadang, tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan. :)

  2. saya setuju dengan lely, bahwa daun kemangi bisa menghilangkan bau badan. memang kemangi dengan nama latin Ocimum americanum L ini bisa menghilangkan bau badan karena kemangi ini mengandung minyak atsiri yang sangat berguna untuk tubuh kita.

    • iyah dian..
      alangkah lebih baik jika kita berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti mengapa kita memiliki masalah bau badan? Namun hal ini dilakukan dengan catatan apabila kita telah mencoba semua cara atau tips-tips yang kita ketahui untuk mengatasi bau badan tetapi tetap saja bau badan masih setia menempel di tubuh kita. Hal terpenting yang ditakutkan namun kita tidak mengetahuinya tanpa bantuan dokter adalah apabila ternyata bau badan tersebut merupakan akibat dari beberapa penyakit pemicu bau badan (jenis-jenis penyakit telah disebutkan pada artikel saya).
      Sedangkan apakah bau badan berbahaya (dapat menyebabkan penyakit) ? seorang ilmuwan jepang bernama Ishikawa melalui penelitiannya memprediksi adanya resiko penyakit serius seperti kanker payudara yang berkaitan dengan bau badan, kotoran telinga, dan sebagainya. Namun kalangan perempuan tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ishikawa dan timnya. Mengapa? Karena penelitian tersebut masih terlalu dini dan masih memerlukan penelitian lanjutan yang lebih kompleks dan serius untuk mengetahui secara valid dan meyakinkan keterkaitan antara kanker payudara, bau badan, dan kotoran telinga basah.
      untuk info lebih lanjut dapat dilihat di http://www.deherba.com/ternyata-bau-badan-bisa-menyebabkan-tingginya-risiko-kanker-payudara.html

  3. artikel ini sangat bermanfaat bagi kita yang sering beraktivitas :) akan tetapi, dalam penggunaan baking soda pada ketiak bukankah justru membuat diri kita kurang percaya diri ya le? karena mungkin malah membuat pakaian kita pada bagian ketiak terdapat bekas akibat baking soda tersebut.

  4. Lele,, kan biasanya bau badan itu berasal dari bagian ketiak ya? nah dari artikel yanto,,apa bulu ketiak itu dapat mempengaruhi kadar keringat dan bau badan juga?baik yang ada bulu ketiaknya maupun yg gaada?

  5. sebenarnya sih bau badan itu disebabkan oleh keringat yang mengeluarkan hasil metabolisme berupaprotein, lemak atau zat buangan yang diuraikan menjadi asam. makanya beraroma asam. dengan penggunaan bahan beralkohol, insyaAllah deh tuh bakteri nya berkurang, sehingga meminimalisir bau badan.

  6. lely kan aku setiap hari naek bis ya,nah kan bermacam macam bau ada tuh di bis,nah aku suka menghindar kalo ada orang yang duduk di deket aku agak bau,soalnya menurut aku kalo dduduk di deket dia ntr ketularan bau.kira kira itu bener ga si pendapat gw?

    • hihihi..sepertinya itu cuman mitos rikaa..
      orang yang memiliki bau badan tidak menularkan bau badannya kepada orang lain. Namun apabila kulit kita bersentuhan dengan kulit orang yang memiliki bau badan, maka akan lebih cenderung adanya perpindahan atau dengan kata lain penularan bakteri penyebab bau badan tersebut ke kulit kita. :)

  7. kata pa dedi, bau badan manusia itu punya ciri khas ya! sehingga anjing bisa mengenali majikannya melalui bau badan tersebut. apa yg membuat bau badan kita punya ciri khas? apakah faktor gebetik? atau yg lain?

    • benar didi.
      anjing memang memiliki indera penciuman yang sangat tajam sehingga dapat mengenali majikannya dengan mengetahui kadar gula dalam tubuh manusia melalui perubahan kimia yang terpancar dari perubahan bau badan manusia tersebut dan tentu saja setiap orang memiliki ciri khas bau badan yang berbeda-beda, hal tersebut mungkin juga dikarenakan faktor genetik tetapi hal ini bukanlah pemicu utama ciri khas bau badan, bisa jadi ciri khas bau badan tersebut dikarenakan kita mengonsumsi jenis makanan yang bebeda-beda seperti sering atau tidaknya kita mengonsumsi makanan pemicu bau badan, dll (seperti yang telah diulas pada artikel saya diatas). :)

  8. iya memang bukan hanya keringat saja yang meneybabkan bau badan, banyak sekali faktor-faktor yang bisa menyebabkan bau badan misalnya itu faktor adanaya penyakit, makanan, diet dall. berikut link tentang faktor-faktor penyebab bau badan : http://caramenghilangkanbaubadan.com/faktor-penyebab-bau-badan/. Untuk masalah keringat memang benar menyebabkan bau badan, tetapi keringat ini bukan murni keringat yang keluar dari tubuh, tetapi keringat yang sudah berkolaborasi dengan bakteri, salah satu contoh bakterinya adalah propionibacteria. Semoga bermnfaat :)

    • terima kasih harii.
      semoga informasi dari harii dapat bemanfaat bagi teman-teman yang lain.
      sedikit tambahan selain propionibakteria, terdapat pula 3 jenis bakteri yang menyebabkan bau badan apabila berkolaborasi dengan keringat yaitu coccus aerob, micrococus, dan dhyphteroid aerob. Bakteri-bakteri tersebutlah yang menguraikan ikatan lemak dan protein dalam keringat dan menghasilkan senyawa asam hexanoid yang berbau. (seperti yang telah diulas dalam artikel saya diatas) :)

    • penggunaan parfum secara langsung ke badan tidaklah menyebabkan keringat bertambah bau , sebenarnya menggunakan parfum atau deodorant secara langsung ke badan justru malah bisa mengatasi masalah bau badan lebih efektif daripada penggunaan atau penyemprotan parfum pada baju.
      Namun terkadang parfum justru membuat bau badan bertambah busuk kan elisa, mengapa demikian? Hal ini diduga karena si penderita bau badan kurang cerdas dalam menggunakan parfum. Penggunaan parfum harusnya dilakukan paling lama 15 menit setelah mandi dan ketika badan dalam keaadan kering, karena apabila penggunaan parfum dilakukan saat badan sudah berkeringat dan bau maka bau parfum akan menjadi tidak cukup efektif untuk menyamarkan bau badan sehingga bau parfum justru berbaur dengan bau badan dan menghasilkan aroma baru yang lebih menyengat, tetapi tidak semua orang mengalami hal ini kok teman. :)
      nah..untuk info lebih jelas dapat elisa baca pada
      http://health.detik.com/read/2012/06/13/175748/1940682/775/benarkah-sembarangan-pilih-parfum-bisa-bikin-badan-makin-bau?l1102755

  9. lel kalo untuk penggunaan baking soda pada ketiak apakah tidak ada efek sampingnya? penggunaan baking soda kan untuk pengembang makanan bukan untuk ketiak. penggunaan deodoran saja yang memang benar benar diperuntukkan ketiak dapat menimbulkan sejumlah penyakit, apalagi baking soda?

  10. Lel, jadi dari penciuman bau badan, kita sudah bisa langsung tau ya jenis penyakit yang kita derita apa ya ? Apakah sama efektifnya dengan pengujian penyakit melalui urine ?

    • sebenarnya tidak berarti dari penciuman bau badan yang buruk lantas lalu kita dapat langsung mengetahui penyakit apa yang kita derita. Hal tersebut hanyalah satu dari sekian banyak pertanda seseorang mengidap penyakit-penyakit tertentu seperti diabetes, liver, ginjal, dll.
      kemudian apakah sama efektifnya dengan pengujian penyakit melalui urine?? tentu saja hal tersebut memiliki tingkat efektifitas yang bebeda, karena pengujian penyakit dengan menggunakan urine tentu akan lebih efektif dibandingkan hanya dengan melalui penciuman bau badan. :)

  11. “Sebaiknya hindari makanan olahan seperti minyak terhidrogenasi dan makanan olahan lainnya, lebih baik memakan makanan sehat yang mengandung banyak serat seperti sayuran berdaun hijau dan biji-bijian.”
    bagaimana jika kita mengkonsumsi petai atau jengkol apakah akan mempengaruhi bau keringat kita?

    • Jengkol dan petai memang merupakan jenis sayur-sayuran. Dari segi nutrisi, jengkol memiliki vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi. Namun jengkol dan petai memiliki efek samping sebagai penyebab bau badan, maka konsumsinya sebaiknya dibatasi. Jengkol dan petai dapat mempengaruhi atau menimbulkan bau tidak sedap pada urine, feses dan keringat yang sangat menggangu setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap :)

  12. orang yang menderita penyakit tertentu dapat bau badan, hal itu karna ada reaksi tertentu, nah reaksi seperti apa yang menyebabkan hal tersebut? oh iya kenapa anak kecil keringatnya tidak menyebabkan bau badan seperti orang dewasa? :D

    • mau jawab pertanyaannya rahmatun, anak kecil keringatnya tidak bau karena pada saat kita kecil, kelenjar yang aktif adalah kelenjar Kelenjar keringat accrine yang memproduksi keringat bening dan tidak berbau, yang bekerja sejak seseorang masih bayi. Sedangkan apocrine baru aktif saat seseorang menginjak masa pubertas, dan waktu kita kecil belum tumbuh aksesoris (bulu ketiak) pada ketiak kita kan jadinya keringat anak kecil tidak bau.

    • aahh..terima kasih kaka wilda atas informasinya.
      sangat membantu saya untuk menjawab pertanyaan zilah mengenai mengapa anak kecil keringatnya tidak menyebabkan bau badan seperti orang dewasa?..hihi :D

      nah..untuk pertanyaan yang lainnya mengenai reaksi tertentu seperti apa yang menyebabkan bau badan?
      Seseorang memang dapat mengalami masalah bau badan apabila menderita penyakit tertentu, reaksi tertentu yang terjadi sebagai contoh adalah pada penyakit diabetes, hal ini terjadi karena gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan reaksi tertentu pada tubuh yang disebut ketoasidosis yang selain menyebabkan bau badan juga menyebabkan bau nafas. :)

  13. good articel and nice tips also..untuk yang bermasalah dengan bau badan ternyata solusinya bisa juga dengan herbal-herbal tradisonal..makan dau kemangi biar gak burket..hehe, like this

    • terima kasih kak kriss.
      benar kak,,untuk mengatasi bau badan lebih baik menggunakan cara-cara alami dibandingkan dengan penggunaan deodorant yang cenderung berdampak negatif.
      selamat mencoba :)

  14. memang benar bahwa bakteri senang pada daerah yang lembab, keringat yang mengandung lemak, protein, dan sisa metabolisme lainnya merupakan nutrisi untuk si bakteri. saya mau bertanya tentang minyak terhidrogenasi, itu maksudnya apa ya?
    terima kasih

    • minyak terhidrogenasi merupakan minyak nabati yang awalnya berbentuk cair lalu kemudian melalui serangkaian proses kimiawi diubah menjadi padat. Caranya adalah dengan menambahkan ion hidrogen dalam temperatur dan tekanan tinggi.
      Contoh minyak terhidrogenasi adalah margarin dan mentega. :)

  15. Assalamualaykum lely :)
    ini merupakan artikel yg menarik, dan menambah pengetahuan..
    seperti yg disebutkan dalam artikel bahwa ternyata cara untuk mengatasi bau badan itu adalah salah satunya dengen menggunakan daun sirih, dan disana dituliskan daun sirih diminum untuk megurangi bau badan, tapi aku juga nemu nih lel ternyata bukan hanya di munum tapi ada juga yg menggunakannya dengan di oleskan pada bagian sumber bau misal ketiak, ini sumber artikenya silahkan di baca say http://ifey.info/khasiat-daun-sirih.html :D
    dan aku juga mau menanyakan kalau menurut artikel bau badan juga dapat di sebebkan karna penyakit kan, nah apakah bau badan itu juga dapat di pakai untuk mengidentifikasi suatu penyakit tertentu? mohon penjelasannya,, mksih yah cantik :*

    • terima kasih dania atas informasi tambahannya.
      semoga bermanfaat buat teman-teman lain yaa. :D

      dan untuk pertanyaan mengenai apakah bau badan itu juga dapat di pakai untuk mengidentifikasi suatu penyakit tertentu? sebenarnya bau badan berlebih atau khas tersebut hanyalah merupakan salah satu ciri apabila seseorang mengidap penyakit tertentu.
      contohnya terkadang terdapat bau badan yang khas seperti bau amis atau bau ikan pada orang yang dapat di identifikasi mengalami kelainan genetik yang langka disebut trimetilaminuria (atau “sindrom bau amis”), selain itu terdapat pula bau badan seperti gula yang dapat di identifikasi adanya penyakit diabetes pada orang tersebut. :)

    • buat nunu cantik..makasi ya buat pertanyaannya..
      tapi sayuran berdaun biji itu sepertinya tidak ada nu.
      mungkin maksud nunu sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dll serta biji-bijian seperti kacang polong, kacang hijau, kedelai, dll
      benar begitu nu? :)

  16. informasi yang bermanfaat..
    aku punya saran lain untuk mengatasi bau badan yaitu dengan cara tradisional yang sudah dilakukan dari jaman dulu yaitu menggunakan kapur sirih. orang jaman dulu biasanya menggunakan kapur sirih sebagai deodorant yang ampuh karena Kapur sirih mempunyai daya adsorpsi yaitu apabila bersinggungan dengan molekul gas maupun molekul air akan terjadi penyerapan. Konsep penyerapan molekul tersebut dapat diterapkan untuk mengusir bau badan (bromhidrosis) yang berupa gas dan juga untuk menyerap keringat yaitu dengan menjadikan kapur sirih sebagai deodoran.Meskipun ada efek samping, tetapi efek yang ditimbulkan berbeda dengan deodoran komersial yang diindikasi dapat menimbulkan kanker (antiperspirant diindikasi sebagai salah satu pencetus kanker, terutama kanker payudara. Antiperspirant menyebabkan pembuangan racun tubuh yang selama ini keluar bersama keringat menjadi terhambat. Racun tersebut kemudian terakumulasi pada kelenjar getah bening dan lama-kelamaan dapat menimbulkan kanker). Efek samping pemakaian kapur sirih hanyalah efek samping ringan yang berkisar antara panas, kering, dan gatal karena kapur sirih yang bersifat basah (http://kemahasiswaan.um.ac.id/wp-content/uploads/2010/04/PKM-AI-10-UM-Sudirman-Pemanfaatan-Kapur-Sirih-.pdf)

    • terima kasih echa cantik atas informasi tambahannya.
      cara alami menggunakan kapur sirih dalam mengatasi bau badan juga tidak ada salahnya di coba.
      semoga bermanfaat buat teman-teman lain yaa. :D

  17. hanya ingin menambahkan. Stres dan emosi mempengaruhi kelenjar apocrine sehingga bekerja lebih efektif dan produktif yang akan memicu timbulnya bau badan. Tubuh yang gemuk juga akan menyebabkan bau badan, sebab pada orang gemuk, keringat cenderung terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Meskipun kelenjar apocrine mengeluarkan keringat sedikit namun jika tidak kita bersihkan, maka keringat kemudian akan tercampur bakteri, bau badan pun akan muncul pada tubuh kita. (http://infogaya.blogspot.com/2012/03/tips-mengatasi-bau-badan.html)

    • Faktor hormonal memang merupakan salah satu faktor pemicu bau badan fit, tapi sepertinya hal ini bukanlah pemicu dominan penyebab bau badan, dan mengenai faktor mana yang lebih dominan diantara beberapa faktor tersebut pada artikel diatas?? Menurut saya tidak ada faktor yang lebih dominan fitri cantik, banyak faktor lainnya seperti yang telah tersebut dalam artikel diatas yang cukup berpengaruh peranannya sebagai pemicu bau badan. :)

  18. langkah-langkah mengatasi bau badan secara alaminya unik, apa itu benar-benar efektif menghilangkan bau badan? bukannya bau badannya karena bakteri? jadi kalo langkah-langkah di atas udah dilakuin tapi masih ada bakteri masih tetap bau badan dong? apa pengguna secara alami itu membunuh bakterinya?

    • cara-cara alami dalam mengatasi masalah bau badan memang tidak selalu efektif menghilangkan masalah bau badan dan bakteri mungkin akan tetap menempel ditubuh kita, namun setidaknya cara-cara alami ini diharapkan dapat mengurangi masalah bau badan tersebut ahmad. :)

  19. Leli kalo penggunaan tawas diketiak dan dikaki dgn tujuan untuk mengurangi keringat dan bau badan, itu aman gak sih ?? dan penggunaan baking soda juga aman gak sih ??
    anyway, niceblog leli..:)

    • terima kasih kartika cantik.
      tawas merupakan bahan yang juga sering digunakan untuk mencegah bau badan, cara kerjanya adalah dengan mengurangi proses keringat, terutama di bagian lipatan ketiak atau bagian kaki. Selama ini setau saya untuk penggunaan tawas dan baking soda pada ketiak juga dapat dikatakan relatif aman tik, keluhan iritasi kulit juga jarang terjadi dibandingkan dengan deodorant yang diketahui mengandung banyak senyawa kimia, terkecuali apabila kulit pengguna tawas atau baking soda ini terlalu sensitif. :)

  20. le badan bau bawang itu termasuk bau badan ya ? orang Korea kan suka banget ya mengkonsumsi bawang terutama bawang putih, apakah mayoritas org korea itu bau badan ya hehe.Selain daun kemangi. apa saja yg dapat menghilangkan bau badan ?

  21. good article untuk saudari leli. Saya ingin bertanya ada khan orang yang ketiaknya itu baasah tetapi ada juga yang tidak . yang ingin saya tanyakan disini aadalah benarkah orang yang ketiaknya basah dan nampak dibaju itu merupakan orang yang mempunyai tingkat bau badan tertinggi dibandingkan orang yang tidak terdapat dan terlihat basah akibat keringat? terimakasih :)

    • terima kasih atas pertanyaan ya isti cantik.
      saya sendiri sebenarnya belum menemukan referensi yang tepat mengenai mengapa minum segelas air putih di pagi hari ketika perut masih kosong dapat mengatasi bau badan??
      nanti leli cari lagi ya untuk mendapatkan referensi lebih tepat, atau jikalau isti udah punya referensi tepat mengenai hal ini..mungkin isti dapat terlebih dahulu berbagi dengan saya dan teman-teman lain. :)

  22. artikel yang menarik :). mau tanya, memang ada kandungan apa ya di daun kemangi, kok bisa digunakan untuk megatasi masalah bau badan? soalnya yang saya tahu kemangi itu, bisanya cuma buat pepes. terima kasih

    • cuka apel mengandung berbagai vitamin, beta karoten, pectin, dan berbagai mineral penting lainnya, seperti kalium, sodium, magnesium, kalsium, fosfor, klorin, sulfur, besi, dan fluor yang dapat mengurangi masalah bau pada ketiak dengan cukup meneteskan saja sari cuka apel ini pada segelas air sebagai bahan bilas ketiak sebelum mandi.:)

  23. Nice article le,,,,
    oh iya, na pernah denger dari temen na, kantanya kakak’ya itu menghilanngkan bau badan dengan cara tradisional yaitu menggunakan daun pepaya,,, apakah benar daun pepaya itu dapat menghilangkan bau badan le,,,?

  24. maksud kalimat ini: Gunakan baking soda pada ketiak dan kaki untuk mengurangi keringat. wahh baking soda buat kue kan yaa? gimana cara kerja baking soda itu? terus baking sodanya bubuk atau dicairin dulu pas dioles?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s